Selasa, 30 Juni 2009

MACROMEDIA FLASH 8

Hari ini, RABU, 1 Juli 2009, pukul 8.00-10.30 Wib (resmi amat yach....) aku dan 40 orang teman-teman aku belajar tentang Macromedia Flash 8, yaitu bagaimana membuat animasi. Kami diberi kesempatan untuk belajar selama tiga hari (tanggal 1-3 juli) dengan Pak Yanuard, dosen ICT, Teaches Colleges. Ternyata sebagai pemula lumayan juga, yach lumayan susah & lumayan gampang juga...hehehe, karena selama ini yang aku tahu hanyalah men-download dan mengagumi hasil karya orang lain tanpa tahu bagaimana cara mereka membuatnya.



Pertama-tama kami diperkenalkan dari awal, yaitu dari menunya. Menu yang ada hampir sama dengan yang ada pada Microsoft Office, yang berbeda hanyalah tambahan pada Macromedia Flash 8 berupa :


  • Modify, terdiri dari : Transform (untuk memberikan fungsi rotation), Swap Symbol (mengganti simbol menjadi simbol yang lain), Duplicate symbol (membuat simbol baru dengan kondisi yang sama persis dengan simbol asal), Group (untuk menggabungkan objek menjadi satu).

  • Text, merupakan text properties yang digunakan untuk mengatur jenis, ukuran, style, maupun besar spasi dari text.

  • Control, terdiri dari: Play (untuk menggerakkan frame), Test Movie (untuk melihat hasil dari animasi yang telah dibuat).

Secara berurutan cara membuat animasi pada Macromedia Flash adalah sebagai berikut:



  1. Membuat movie baru

  2. Mengatur stage movie

  3. Membuat objek-objek animasi

  4. Membuat animasi

  5. Tes movie

  6. Menyimpan movie

Setiap tahapnya mempunyai langkah-langkah dan pengaturannya masing-masing yang dapat disesuiakan dengan keinginan kita. Jadi, pada intinya dalam membuat animasi adalah kreavitas kita. Lagipula, kalau mau dibilang aku juga masih pada tahap awal (pemula banget..) jadi ketika ada hal2hal yang baru yang aku temukan ketika mencoba membuat animasi aku langsung terkagum-kagum....dan aku langsung berpikir "seandainya aku juga bisa..." dan jawabannya pasti sudah bisa kita tebak sendiri kan????
Berusaha....!!!!


Sekian pelajaran yang saya dapat hari ini....besok dan lusa akan saya bagi lagi....

Tidak ada komentar:

Posting Komentar